KEMERDEKAAN RI 79 TAHUN

 




Halo ! Nama saya Lhaura' Aminatul Maulida Kartika dengan NIM 2330023010 dari program studi S1 Gizi. Artikel ini saya buat untuk memenuhi tugas liburan saya, apa yang saya lakukan akan saya tulis di sini sesuai dengan tema yang saya pilih, yaitu kemerdekaan

Kemerdekaan tentu saja menjadi momen yang sangat berharga bagi kita, warga negara Indonesia. Karena ini menjadi momen di mana Indonesia bebas merdeka dari para penjajah pada 79 tahun yang lalu. Hingga sekarang setiap bulan Agustus peringatan kemerdekaan RI pun masih dilakukan. Hampir seluruh warga pun turut melakukannya dengan membuat acara-acara yang menakjubkan. Mulai dari lomba-lomba yang diadakan di setiap daerah di Indonesia sebagai penambah kemeriahan peringatan kemerdekaan selama bulan Agustus; pengadaan bazar yang bertujuan memajukan UMKM di suatu daerah; jalan sehat yang biasanya diikuti dengan senam bersama dan pengundian hadiah-hadiah yang menarik; hingga pentas seni yang biasanya menjadi acara puncak peringatan kemerdekaan RI yang bertujuan memberikan kesempatan pada warga Indonesia untuk unjuk bakat.

Tentu saja dibalik semua acara tersebut ada para panitia yang berupaya keras dan memiliki kesukarelaan untuk memeriahkannya. Biasanya penyelenggara kegiatan ini adalah karang taruna di setiap daerah / kampung di Indonesia. Pada peringatan kemerdekaan tahun 2024, karang taruna di kampung saya menyelenggarakan 3 acara sekaligus untuk memeriahkan acara tersebut. Saya pun ikut andil dalam mengupayakan agar 3 acara tersebut terlaksana. 3 acara tersebut adalah lomba agustusan, pentas seni, dan jalan sehat. 


LOMBA AGUSTUSAN
Sepertinya sudah menjadi tradisi bagi Indonesia ketika menjelang hari kemerdekaannya, adalah mengadakan lomba-lomba, yang di mana lomba-lomba tersebut sangat dinanti dan disambut hangat oleh masyarakat Indonesia, sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia tercinta ini. Saya sebagai anggota karang taruna di kampung saya, tentu saja ikut andil dalam kegiatan ini. Karang taruna di kampung saya mengadakan 11 lomba yang diadakan selama hari sabtu dan minggu dalam 3 minggu.  11 lomba tersebut antara lain lomba makan kerupuk, lomba sendok kelereng, lomba roda kardus, lomba goyang kardus, lomba memasukkan paku ke dalam botol, lomba kempit balon, lomba pukul balon air, lomba sapu gila, lomba joget kursi, lomba balap karung, dan lomba voli air. Alhamdulillah, kiat baik karang taruna disambut baik oleh para warga. Warga pun antusias dan turut berpartisipasi dalam acara yang dibuat oleh karang taruna. Foto di bawah adalah dokumentasi ketika saya menjadi panitia penyelenggara acara lomba agustusan. 




MALAM TIRAKATAN 17 AGUSTUS
Biasanya sebelum tanggal 17 Agustus, pada tanggal 16 Agustus malam warga di kampung saya menggelar acara malam tirakatan 17 Agustus / malam renungan. Yang di mana acara tersebut diisi dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan 17 Agustus, mengheningkan cipta, pidato kebangsaan, sambutan-sambutan dan sedikit ceramah agama, istighosah, ramah tamah diiringi dengan makan bersama, dan juga menonton film yang mengandung unsur kemerdekaan. Biasanya acara ini digelar di Balai RW kampung saya dan diikuti oleh seluruh warga. Acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi dan persaudaraan sebagai bangsa Indonesia, dan juga untuk mendoakan bangsa dan negara kami, Indonesia. 




PENTAS SENI
Acara kedua yang dilakukan oleh tim karang taruna kampung saya adalah Gebyar Pentas Seni Kemerdekaan, dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2024 kemarin. Mengusung tema "Kuatkan Kebersamaan Dalam Keberagaman Menuju Indonesia Maju".  Acara ini menjadi acara utama kami yang perdana setelah 9 tahun tidak diselenggarakan dan menjadi puncak keantusiasan warga di kampung saya. Ada yang menari, menyanyi, dance, bahkan fashion show dan unjuk bakat bermain gitar listrik. Alhamdulillah berkat kerja keras tim karang taruna dan antusiasme dari para warga, acara ini pun menjadi sukses dan tak terlupakan bagi kami 'karang taruna'. Pada kesempatan ini, saya ditugaskan menjadi master of ceremony / MC dalam acara malam itu. Didampingi dengan Ning Dinda, salah satu warga di kampung saya yang berhasil menjadi finalis Ning Surabaya 2023. Tentu saja itu adalah suatu kehormatan bagi saya karena bisa duduk dan berdiri berdampingan dengan anak muda hebat seperti Ning Dinda.




JALAN SEHAT
Pada tahun 2024, jalan sehat dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 25 Agustus. Dengan jarak jalan kurang lebih 1 kilometer. Para peserta juga harus melewati beberapa pos pemberhentian untuk menandai kupon jalan sehat masing-masing hingga sampai pada finish. Setelah itu, para peserta akan disambut dengan senam bersama yang di mana olahraga ini sangat disukai oleh ibu-ibu. Ternyata tidak hanya ibu-ibu yang mengikuti senam bersama kemarin, tetapi bapak-bapak, anak-anak dan panitia karang taruna pun ikut senam bersama tersebut. Dilanjut dengan pembagian hadiah-hadiah lomba agustusan kepada para pemenang. Dan diakhiri dengan pengundian kupon jalan sehat serta hiburan bernyanyi.




Saya sebagai panitia penyelenggara semua kegiatan tersebut merasa puas melihat antusias dan timbal balik warga kepada kami. Tidak sia-sia saya dan tim menyiapkan semua acara tersebut selama kurang lebih dua bulan. Hasilnya pun memuaskan seperti yang saya dan tim harapkan. Pada di awal kami mengusulkan semua acara tersebut, beberapa warga banyak yang bilang jika acara kami salah satunya tidak akan sukses. Namun ternyata mereka salah, kami berhasil membuat semua acara tersebut berjalan lancar dan selesai dengan baik. Semoga artikel ini bisa selalu membuat anak muda di Indonesia terus berkarya di masa depan. Dan semoga anak muda di Indonesia selalu kompak untuk bisa memberi kenangan indah dan tak terlupakan satu sama lain. Karena kami adalah generasi penerus bangsa Indonesia, yang di mana kami di cap sebagai generasi emas Indonesia. Teruslah berjuang untuk negeri kita tercinta, Indonesia. MERDEKA MERDEKA MERDEKA ! SELAMAT HARI ULANG TAHUN REPUBLIK INDONESIA KE 79 TAHUN.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Perpustakaan Unusa Menangkan Hibah Read Japan Project 2023

RESUME MATERI PKKMB FKES 2023